Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi Komputer Mini Rashberry Pi

Raspberry Pi
Raspberry Pi adalah sebuah singleboard atau mainboard yang pertama kali dikembangkan di Inggris oleh Yayasan Raspberry Pi. Pada awalnya, motherboard ini difungsikan untuk proses belajar mengajar dasar ilmu komputer di sekolah sekolah terutama untuk negara-negara berkembang. Pada perkembangannya, Raspberry Pi semakin diminati dan semakin banyak orang yang memanfaatkannya untuk berbagai hal.

Raspberry Pi generasi pertama dirilis pada bulan Februari tahun 2012. Ada dua model yang dikeluarkan yaitu model A dan model B. Satu tahun kemudian kamu rasberry yang mengeluarkan model A+ dan model B+. Pada tahun 2015, Raspberry Pi 2 Model B akhirnya dirilis yang dilanjutkan dengan peluncuran Raspberry Pi 3 model B di tahun 2016. Harga jual motherboard ini berkisar antara $20 dan $35.

Apa saja yang bisa kita lakukan dengan teknologi komputer Raspberry Pi?

Raspberry Pi merupakan komputer mikro yang ukurannya sangat kecil. Hingga saat ini, spesifikasinya pun tidak terlalu tinggi namun bisa memfasilitasi kebutuhan komputasi saat ini yang menggunakan sistem operasi ternama dan terkenal seperti Windows, Ubuntu MATE, Debian, Arch Linux ARM, dan Raspbian yang merupakan sistem operasi bawaannya.

Mini PC

Seperti yang telah diungkapkan di atas, manfaat utama dari motherboard yang sudah dilengkapi dengan prosesor, RAM, Memory, dan hampir semua komponen komputer. Kecuali perangkat keyboard, mouse, serta layar.

Ini adalah alternatif PC hemat energi yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan sederhana seperti mengetik, browsing dengan browser mini, dan lain-lain. Tidak harus menggunakan sebuah monitor profesional, namun kita juga bisa menghubungkan Raspberry Pi dengan televisi.

Membuat mesin game Dingdong

Game Dingdong
Jika kamu ingin bernostalgia dengan permainan klasik yang satu ini kamu bisa menciptakan sendiri mesin game Dingdong dengan bantuan motherboard Raspberry Pi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengikuti petunjuk yang ada dari penjualan motherboard tersebut.


Robot

Simulasi Robot
Kegiatan menyenangkan selanjutnya yang bisa kita lakukan dengan menggunakan motherboard yang berukuran sangat kecil ini adalah, membuat berbagai model robot yang bisa dikendalikan melalui remote atau bisa dikendalikan melalui bahasa pemograman tertentu. Misalnya saja, kamu bisa membuat lengan robot untuk membantumu bekerja di rumah.


Foto digital

Frame Foto Digital
Membuat foto digital yang bisa berganti-ganti untuk menampilkan berbagai momen di rumah dengan menggunakan layar yang besar dan ditempel di tembok bukan lagi masalah besar mengingat Raspberry Pi cukup bisa diandalkan untuk menangani masalah ini.

Komponennya yang kecil dan kebutuhan akan sumber daya listrik yang rendah membuatnya sangat cocok apabila dijadikan sebagai digital foto frame. Hanya dengan biaya listrik sekitar 50.000 pertahun, tentu saja rasberry Pi adalah pilihan tepat.

Menjalankan Firefox OS web runtime

Saat ini Firefox OS di Pi masih dalam tahap perkembangan. akan tetapi, kita sudah bisa merasakan Firefox OS yang berjalan di atas motherboard ini.

Bisa dijadikan sebagai server alternatif

Jika kamu ingin membangun sebuah server yang kecil dengan biaya rendah, Pi juga bisa diandalkan. Kamu bisa membuat Cloud server sendiri, atau kamu juga bisa membuat BitTorrent server sendiri dirumah.

Spesifikasi Raspberry Pi

Raspberry Pi 1 model A+

Model merupakan pilihan paling murah dari motherboard Mini ini. Model A+ dikeluarkan pada tahun 2014 tepatnya di bulan November. Motherboard ini dilengkapi dengan GPIO 40 pin, microSD, daya yang rendah hanya 1 watt, support audio, memiliki slot USB, jack 3,5 mm, processor HRM, RAM 256 MB, dan dukungan GPU.

Raspberry Pi 3 model B

Ini merupakan model terbaru yang dikeluarkan pada bulan Februari tahun 2016. Model ini dilengkapi dengan prosesor berkecepatan 1.2 GHz 64-bit. Processor tersebut memiliki empat Inti atau Quad-Core dengan ARMv8. Selain itu, motherboard ini juga bisa mengakses Wi-Fi karena disediakan Wireless LAN 802.11n. Serta tidak ketinggalan juga bluetooth v4.1. Seperti versi Raspberry Pi 2, versi ketiga ini memiliki RAM 1GB, 4 port USB port HDMI, kamera, slot microSD, dan GPU videoCore IV 3D.

Bahasa Pemrograman Raspberry Pi

Jika akan membuat Raspberry Pi menjadi beberapa fungsi di atas, tentunya diperlukan development aplikasi yang nantinya berjalan di atas sistem kecil ini. Hingga saat ini, Raspberry Pi sudah mendukung beberpa bahasa pemrograman seperti bahasa C#, Java, PHP, Python, eclipse, Erlang, forth, g++, Perl, dll. 

Mauliddin Moko
Mauliddin Moko Suka traveling dan semua kegiatan alam bebas, science minded dan selalu mengikuti trend technology

Post a Comment for "Teknologi Komputer Mini Rashberry Pi"