Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Playbox by MNC Play, Android TV Box Kaya Fitur Bersertifikasi Google

Playbox by MNC Play

MNC Play sebagai salah satu penyedia layanan TV berbayar di Indonesia baru-baru ini meluncurkan sebuah produk terobosan baru berupa Android TV Box. Produk yang dinamakan Playbox by MNC Play ini adalah sebuah streaming media player berbasis system operasi Android yang didalamnya dapat menayangkan konten-konten TV yang hak siarnya telah dimiliki oleh MNC Group. Selain sebagai penyedia TV berbayar, sebenarnya MNC Play juga memiliki jaringan internet fiber optic di beberapa kota besar yang ada di Indonesia, namun yang menarik, Playbox dapat digunakan di layanan internet provider apapun sehingga MNC Play dapat menargetkan pelanggan tidak hanya pada area yang sudah terdapat jaringan fiber optic MNC Play saja, namun dapat pula menargetkan pelanggan yang telah memiliki akses internet dari provider lainnya

 

Spesifikasi Playbox by MNC Play

Sebagai streaming media player, Playbox dibekali dengan processor terbaru yang cukup mumpuni yaitu processor terbitan Amlogic AML S905X 2 yang dapat memproses clocking hingga 2Ghz. Untuk mendukung proses streaming media, Playbox memiliki SDRAM 2GB dan memori Flash EMMC sebagai media penyimpanan sebesar 8GB. Sebagai pelengkap Playbox juga telah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth 4.0 BLE, Ethernet, koneksi RCA, HDMI dan dual band WIFI. Untuk menghubungkan Playbox dengan berbagai asesoris seperti joystick, airmouse, selain menggunakan koneksi Bluetooth, Playbox juga dilengkapi dengan 2 port USB 2.0 yang juga dapat digunakan untuk koneksi ke flashdisk atau external storage lainnya. Sebagai perangkat Android TV yang telah mendapatkan sertifikasi dari Google ini, Playbox telah menggunakan system operasi Android TV Google Pie 9.1 yang dibalut dengan launcher khusus yang didevelop untuk Playbox

 

Fitur-fitur pendukung Playbox by MNC Play

 

Embeded Live TV

Untuk dapat menikmati 120 lebih konten Live TV yang terdapat di Playbox tidak perlu melakukan installasi aplikasi lagi karena konten-konten tersebut sudah embeded pada launcher Playbox. Dengan demikian akses konten menjadi lebih stabil karena tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selain itu Playbox juga telah menggunakan teknologi Adaptive Bit Rate (ABR) sehingga tayangan streaming tetap stabil walaupun akses bandwidth internet yang digunakan drop hingga 2Mbps.


Konten Live TVnya juga sangat beragam, mulai dari tayangan TV Nasional, tayangan movie seperti HBO Group dan FOX Movie Group, tayangan olah raga dari FOX Sport dan BeIN, tayangan Korea TVN Group, tayangan anak-anak Disney, tayangan pendidikan dari National Geographic, BBC Earth dan History serta tayangan dari channel-channel FTA internasional dan premium lainnya.


Untuk kualitas gambar, Playbox telah memiliki lebih dari 50 channel TV dengan kualitas HD, namun demikian secara spesifikasi perangkat, Playbox telah mendukung tayangan dengan kualitas 4K


Video On Demand

Selain tayangan Live TV, Playbox juga memiliki konten-konten Video On Demand berisi kumpulan film-film pilihan, film serial, short clip pilihan dan konten menarik lainnya

 

Catch Up TV 7 hari sebelumnya dan Authenticated Vision+


Catch Up TV Playbox by MNC Play

Selain konten Live TV dan VOD, Playbox juga memiliki fitur Catch Up TV, yaitu fitur otomatis perekaman program Live TV selama 7 hari ke sebelumnya, sehingga pengguna yang ketinggalan acara pada suatu program TV dapat tetap menikmati acara tersebut di lain waktu.


Jika telah memiliki paket yang aktif di Playbox, pengguna juga secara otomatis dapat mengakses konten-konten yang dimiliki melalui aplikasi OTT mobile version Vision+. Dengan demikian pengguna tetap dapat menikmati konten-konten Playbox jika sedang dalam kondisi mobile melalui smartphone Android atau iPhone.

 

Google Playstore Android TV

Selain konten-konten yang telah disediakan oleh MNC Play, pengguna tetap dapat menikmati konten lainnya dengan cara mendownload aplikasi yang tersedia pada Google Playstore Android TV. Aplikasi seperti iFlix, Catchplay, Spotify bahkan Games dan aplikasi lainnya dapat didownload langsung oleh pengguna selama media penyimpanan di Playbox masih tersedia. Beberapa aplikasi yang sering digunakan seperti Youtube, Roov, Metube sudah preinstalled sejak pembelian Playbox.

 

Google Voice Command


Voice Command Playbox by MNC Play

Remote Control pada Playbox sudah mendukung fitur Google Voice Command karena terdapat microphone yang dioperasikan dengan cara menekan tombol yang berada di ujung kanan atas remote control. Untuk dapat menikmati fitur tersebut, remote control sebelumya harus terkoneksi dengan Playbox menggunakan built-in Bluetooth yang terdapat di dalam Playbox. Karena menggunaan koneksi Bluetooth, saat mengoperasikan remote control tidak perlu mengarahkan remote control ke arah Playbox seperti pada remote control yang biasa menggunakan koneksi infra merah. 


Fitur Google Voice Command ini sangat memanjakan user dalam menggunakan Playbox karena instruksi dapat disampaikan melalui perintah suara, sebagai contoh saat membutuhkan informasi cuaca, cukup dengan cara menekan tombol voice command dan mengatakan “cuaca hari ini” maka Playbox akan menampilkan informasi cuaca yang diinginkan. Selain digunakan untuk mencari segala macam informasi yang ada pada database Google Search Engine, voice command juga dapat digunakan untuk memerintahkan Playbox untuk memindahkan saluran TV atau membuka aplikasi yang telah didownload di dalam Playbox.

 

Mengubah TV Biasa menjadi Smart TV dan bisa dipindah-pindah

Dengan fitur-fitur di atas, otomatis Playbox akan mengubah TV biasa atau dumb TV menjadi Smart TV. Solusi yang cukup efisien untuk pengguna yang telah memiliki perangkat televisi pada umumnya daripada harus mengganti dengan Smart TV yang tentunya memiliki harga yang tidak murah.


Karena dapat digunakan dengan internet provider apapun, maka Playbox juga dapat dipindah-pindah, misalkan pengguna akan liburan di hotel, maka cukup dengan membawa Playbox lalu menghubungkan Playbox dengan koneksi internet dan TV hotel maka pengguna tetap dapat menikmati konten Playbox dimanapun berada

 

Perangkat pendukung E-Live

Konsep yang diangkat oleh MNC Play dengan meluncurkan produk Playbox adalah perangkat yang dapat mendukung E-Live untuk penggunanya, maksudnya adalah dengan Playbox segala kebutuhan hidup tidak hanya yang kaitannya dengan tayangan entertainment, namun kebutuhan seperti mencari informasi, memesan makanan, memesan tiket atau berbelanja sudah dilakukan melalui Playbox.

 

Harga Playbox dan Paket TV

Untuk dapat menikmati Playbox, user perlu mengeluarkan kocek sebesar kurang lebih Rp. 500rb sudah termasuk bonus open all channels selama 3 bulan. Bulan selanjutnya untuk dapat tetap menikmati konten-konten Live TV, Catch Up TV dan VOD, pelanggan perlu membeli paket TV dengan harga relative murah (mulai dari Rp. 39rb untuk akses konten selama 30 hari). Playbox dapat dibeli di berbagai macam marketplace yang ada di Indonesia, atau bisa juga melalui toko-toko elektronik offline

Mauliddin Moko
Mauliddin Moko Suka traveling dan semua kegiatan alam bebas, science minded dan selalu mengikuti trend technology

Post a Comment for "Review Playbox by MNC Play, Android TV Box Kaya Fitur Bersertifikasi Google"