Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal yang dimudahkan dengan Teknologi Wireless

Teknologi wireless memberikan kita banyak keuntungan dan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan. Tidak hanya itu, ribetnya membawa kabel untuk menghubungkan berbagai perangkat untuk mentransfer data atau memindahkan file tidak lagi kita rasakan. Teknologi wireless dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai ‘teknologi tanpa kabel’ yang bisa digunakan untuk berkomunikasi, mentransfer data, dan lain-lain. Wireless menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantara yang menggantikan kabel. 

Teknologi wireless yang ditemukan oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1895 ketika ia masih berusia 22 tahun, adalah teknologi yang paling berpengaruh saat ini. Karena dengan temuan besar tersebut, kita dengan mudah melakukan banyak hal mulai dari melakukan panggilan telepon, mengirim data jarak dekat maupun jarak jauh, menggunakan internet, dan lain-lain.

Beberapa contoh hal-hal yang dimudahkan karena adanya teknologi wireless di sekitar kita diantaranya adalah:

Telepon

Hal pertama yang diuntungkan dengan adanya teknologi wireless adalah telepon. Beberapa tahun yang lalu, dan walaupun saat ini masih ada beberapa yang menggunakan jaringan telepon berbasis kabel, namun metode tersebut sudah banyak ditinggalkan karena tidak praktis. Dengan ditemukannya jaringan wireless berbasis GSM, kebanyakan saat ini kita mengenal telepon genggam tanpa kabel yang bisa kita manfaatkan bukan hanya untuk berkomunikasi via suara tapi juga untuk berkirim pesan dan bahkan mengakses jaringan internet.

Transfer data dan konektifitas perangkat

Sebelum kehadiran bluetooth, orang menggunakan kabel data untuk melakukan transfer file atau menghubungkan dua atau lebih perangkat gadget. Dalam masa transisi, infrared pada awalnya merupakan teknologi wireless yang banyak digunakan untuk berkirim file dalam jarak dekat. Namun karena memiliki banyak kekurangan terutama soal kecepatan, membuat infrared kemudian banyak ditinggalkan. Saat ini kebanyakan infrared hanya diandalkan untuk membuat beberapa sensor, salah satunya adalah untuk remote control.

Namun bluetooth menjawab kelemahan dari infrared yang kemudian hingga saat ini terus berkembang dan banyak digunakan. Bluetooth bisa mengkoneksikan antara suatu perangkat dengan perangkat lain atau lebih dari satu perangkat dalam satu waktu. Selain itu, kecepatannya mentransfer data juga patut diacungi jempol. Hingga saat ini, teknologi bluetooth sudah mencapai versi 5.

Bluetooth versi 5 memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah, memiliki jangkauan yang lebih jauh, dua kali lebih luas dibandingkan dengan bluetooth versi 4. Begitu juga dengan kecepatan dan jumlah paket data yang dikirim, bluetooth versi 5, 4x (kali) lebih cepat, dan bisa mengirim file yang jauh lebih besar.

Bluetooth tidak hanya bisa digunakan untuk bertukar file, melainkan bluetooth juga bisa dimanfaatkan untuk menggantikan kabel mouse, menggantikan kabel audio untuk headset, speaker, dan lain-lain.

Bluetooth juga banyak diandalkan untuk melakukan sync atau sinkronisasi data dengan perangkat tertentu. Sinkronisasi data banyak dimanfaatkan untuk mem-backup file dari berbagai jenis gadget seperti laptop, smartphone, dengan beberapa media seperti media player, MP3 player, dan lain-lain.

Transaksi pembayaran tanpa kabel

Mungkin beberapa tahun yang lalu, transaksi pembayaran di jalan toll membutuhkan tenaga kerja manusia yang tentunya membutuhkan banyak biaya dalam operasionalnya. Namun setelah ditemukan teknologi NFC (Near field communication), transaksi pembayaran di jalan toll tidak lagi membutuhkan tenaga manusia. Teknologi baru ini cukup menarik perhatian mengingat kecepatannya dalam mentransfer data. Jika bluetooth versi 4 maksimal hanya bisa mentransfer data sebesar 47 bit per detik, makan near field communication (NFC) bisa mentransfer data hingga 424 kilobyte per detik. Selain digunakan untuk transaksi pembayaran, NFC juga banyak digunakan untuk teknologi akses control dan mesin absensi

Hanya saja, kemampuan NFC untuk mentransfer data sangat terbatas dengan jarak. Dua buah gadget yang akan melakukan komunikasi harus berada dalam jarak yang sangat dekat, maksimal 4 inches.

Internet berkecapatan tinggi dengan WIFI

Jika dahulu kita hanya mengandalkan kabel LAN untuk terkoneksi ke jaringan internet, saat ini kehadiran Wi-Fi sebagai teknologi wireless untuk mengakses internet sudah sangat umum kita kenal dan cukup membantu mengingat teknologi Wi-Fi bisa memancarkan frekuensi hingga jarak yang sangat jauh, misalnya 100 m. Tidak hanya itu, kemampuannya mentransfer data juga cukup besar. Dengan Wi-Fi kita bisa mengakses internet hingga ratusan Mbps. Saat ini sudah mencapai 600 Mbps untuk tipe 802.11n.

Dengan adanya jaringan wireless, kita lebih bebas untuk beraktivitas, instalasinya sangat mudah, area kerja pun menjadi luas dan mobilitas serta produktivitas semakin tinggi. Tidak hanya itu, fleksibilitas dan kemudahan serta biayanya yang murah menjadi alasan lain mengapa banyak orang berlomba-lomba menggunakan teknologi wireless. Bahkan yang terbaru, saat ini sudah dikenal pengisian baterai (charge) dengan menggunakan teknologi wireless.
Mauliddin Moko
Mauliddin Moko Suka traveling dan semua kegiatan alam bebas, science minded dan selalu mengikuti trend technology

Post a Comment for "Hal yang dimudahkan dengan Teknologi Wireless"